Masih Khawatir Terjadi Tarnish Pada Perak? Simak Cara Perawatannya!

Silver People yang saat ini beralih kepada Silvergram sebagai produk investasi mungkin masih khawatir dengan adanya Tarnish yang dapat terjadi pada kepingan Silvergram. Tarnish dapat terjadi ketika perak bereaksi dengan sulfur atau oksigen di udara, membentuk lapisan kusam di permukaannya. Agar perak tetap berkilau dan awet, diperlukan perawatan yang tepat.

Berikut adalah cara merawat perak yang baik agar terhindar dari Tarnish:

  1. Simpan di Tempat yang Kering dan Tertutup.

Perak mudah bereaksi dengan kelembaban dan udara. Oleh karena itu, Silver People harus menyimpan perak di tempat yang kering dan tertutup rapat. Silver People dapat menggunakan kantong anti-tarnish atau kotak perhiasan dengan lapisan kain yang dapat melindungi perak dari paparan udara dan kelembaban. Selain itu, Silver People dapat menambahkan silica gel atau kapur barus di tempat penyimpanan untuk mengurangi kelembaban.

  1. Bersihkan dengan Kain Pembersih Khusus Perak.

Apabila Silver People menemukan logam perak terkena tarnish, Silver People dapat membersihkannya dengan kain pembersih khusus perak. Kain tersebut merupakan kain khusus yang mengandung bahan kimia. Cara membersihkannya cukup mudah, Silver People dapat mengusapkan kain pembersih dengan lembut ke bagian perak yang terkena tarnish. Hindari mencuci kain pembersih agar bahan kimia yang terkandung di kain tersebut tidak hilang.

  1. Bersihkan dengan Pembersih Perak Cair atau Pasta.

Silver People dapat menggunakan pembersih perak cair dan pasta untuk membersihkan tarnish yang ada pada logam perak. Hal ini dapat dilakukan dengan mengoleskan dan menggosokkan dengan halus pada bagian logam perak yang terkena tarnish. Setelah itu, Silver People dapat membilas permukaan logam perak dengan air dan wajib untuk dikeringkan. Silver People tidak boleh membiarkan pembersih perak cair dan pasta terlalu lama di permukaan logam perak karena dapat menyebabkan kerusakan.

  1. Bersihkan dengan Larutan Air Garam dan Alumunium Foil.

Logam Perak yang terkena tarnish dapat dibersihkan dengan menggunakan larutan air garam dan alumunium foil. Caranya sangat mudah! Silver People dapat menyiapkan mangkuk yang berlapis alumunium foil dan tambahkan air panas dan garam secukupnya. Rendam logam perak selama beberapa menit, bilas logam perak dengan air bersih, dan keringkan logam perak dengan kain lembut.

Semoga tips diatas bermanfaat untuk Silver People yang memiliki logam perak dengan kondisi tarnish. Jangan lupa untuk simpan Silvergram milikmu dengan baik dan benar ya!