Mengapa Warrent Buffet Memilih Investasi Perak

Warren Buffet, salah satu orang terkaya di dunia yang secara konsisten tercantum di daftar milyarder di Forbes. Kekayaan bersihnya per September 2023 adalah 123.9 Milyar US Dollar, atau setara 1.858,5 triliun rupiah.

Yang menariknya, Warrent Buffet menginvestasikan hampir mencapai 1 Milyar US Dollar (atau setara 15 triliun rupiah) di komoditas perak. Investasi tersebut didasarkan pada prinsip-prinsip dasar nilai investasi yang dia pegang. Salah satu prinsip dasar tersebut adalah bahwa seseorang hanya boleh berinvestasi dalam hal-hal yang berguna dan yang memiliki tujuan tertentu serta memenuhi kebutuhan praktis orang.

Yang dimaksud disini adalah perak memiliki kegunaan industri dan medis. Di sisi medis contohnya, perak digunakan dalam perban, kateter, dan komponen penyembuh luka bakar, dan lain-lain. Perak juga digunakan untuk pemurnian air. Dalam dunia elektronik, perak adalah konduktor listrik logam terbaik dan tidak menimbulkan korosi sehingga perak dapat digunakan dalam perkabelan dan penghubung, komputer, handphone dan kamera. Perak bahkan juga digunakan untuk pelapis DVD karena tahan gores.

Dari beberapa kegunaan perak tersebut maka perak memenuhi persyaratan Warren Buffet untuk memiliki nilai yang nyata dan dapat diidentifikasi. Menurut beliau perak cocok untuk sejumlah kegunaan industri dan sulit tergantikan dengan bahan pengganti lain.

Jadi Warren Buffet bukan hanya melihat perak yang berpotensi naik harganya jika dijual lagi, namun beliau melihat nilai yang lebih dalam dari komoditas investasi tersebut dimana perak ternyata memiliki kegunaan yang lebih luas lagi dari hanya diperjual belikan.

Saat ini Anda juga dapat mengambil langkah seperti Warren Buffet untuk berinvestasi di logam perak untuk menjadi salah satu portofolio. Namun jangan lupa untuk selalu pelajari terlebih dahulu faktor keuntungan dan resikonya. Dan jangan lupa membeli logam mulia perak ke tempat yang terpercaya dan bisa dibeli secara online di Silvergram.